Sunday 30 December 2018

4 Cara Meningkatkan Rasa Belas Kasihan Diri Anda Sendiri


Sumber gambar: https://www.everydayhealth.com/columns/therese-borchard-sanity-break/5-exercises-to-nurture-self-compassion/


Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan bagaimana Anda memperlakukan diri Anda sendiri ketika Anda melakukan kesalahan atau gagal mencapai tujuan. Jika Anda cenderung menyalahkan diri sendiri ketika ada masalah, Anda dan seperti kebanyakan orang, dapat menggunakan sedikit lebih banyak memberikan rasa mengasihi diri dalam hidup Anda.


Memaafkan dan menjaga diri Anda sendiri tampaknya akan memiliki manfaat. Kasih sayang diri yang kuat bahkan dapat menjaga diri untuk lebih sehat, hubungan, dan kesejahteraan yang lebih baik. Sejauh ini, penelitian telah mengungkapkan sejumlah manfaat dari rasa menyayangi diri. Tingkat kecemasan dan depresi yang lebih rendah telah diamati pada orang dengan rasa sayang diri yang lebih tinggi. Orang yang welas asih pada diri sendiri mengenali ketika mereka menderita dan menjadi lebih ramah pada diri mereka sendiri pada saat-saat tersebut, sehingga menurunkan tingkat kecemasan dan depresi yang terkait.

Belajarlah untuk memiliki belas kasihan diri
Beberapa orang datang dengan rasa belas kasihan secara alami, tetapi tidak semua orang melakukannya. Untungnya, hal ini adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Beberapa metode telah diusulkan, dan program pelatihan sedang dikembangkan, untuk membantu orang menemukan dan menumbuhkan belas kasihan mereka sendiri.

Berikut adalah empat cara untuk meningkatkan keterampilan belas kasih diri Anda dengan cepat:


Berikan kenyamanan pada tubuh Anda. Makanlah sesuatu yang sehat. Berbaring dan istirahat. Pijat leher, kaki, atau tangan Anda sendiri. Jalan-jalan. Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan perasaan Anda secara fisik memberi Anda rasa sayang pada diri sendiri.


Tulis surat untuk Anda sendiri. Pikirkan situasi yang menyebabkan Anda merasa sakit (putus cinta dengan kekasih, kehilangan pekerjaan, presentasi yang kurang diterima). Tulis surat untuk diri sendiri yang menggambarkan situasi itu, tetapi tanpa menyalahkan siapa pun - termasuk diri Anda. Gunakan latihan ini untuk memelihara perasaan Anda.
 

Beri diri Anda dorongan. Pikirkan apa yang akan Anda katakan kepada teman baik Anda jika dia menghadapi situasi yang sulit atau penuh tekanan. Kemudian, ketika Anda menemukan diri Anda dalam situasi seperti ini, arahkan tanggapan belas kasih ini kepada diri Anda sendiri.
 

Berlatih melakukan mindfulness. Bahkan dengan latihan yang cepat, seperti bermeditasi selama beberapa menit, bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga dan menerima diri kita saat kita sedang kesakitan.
Sumber: Healthbeat Newsletter, 29 December 2018. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.


No comments:

Post a Comment