Sunday 14 October 2018

Tips Sederhana untuk Melawan Inflamasi

Picture Source: http://www.shieldhealthcare.com/community/nutrition/2017/06/20/anti-inflammatory-diet-how-to-reduce-inflammation-with-nutrition/


Kesadaran terhadap komplikasi antara peradangan dan penyakit kronis telah menghasilkan sejumlah rencana diet, jenis suplemen nutrisi, dan program gaya hidup, kebanyakan menyiratkan bahwa hal-hal yang ditawarkan memberikan cara-cara baru untuk meningkatkan kesehatan Anda dengan menyembuhkan peradangan. Memang benar bahwa para ilmuwan telah mengungkap kompleksitas baru dan memperluas pengetahuan mereka tentang faktor-faktor yang dapat berkontribusi pada peradangan atau membantu melawannya. Tapi banyak dari bimbingan tersebut mengenai gaya hidup anti-peradangan berujung pada saran-saran kesehatan yang sama dengan yang diberikan nenek Anda kepada Anda. 

Buat pilihan makanan sehat 
Makanan kita memainkan peran penting dalam terjadinya peradangan kronis karena bakteri pencernaan kita melepaskan bahan kimia yang dapat memacu ataupun menekan terjadinya peradangan. Jenis bakteri yang berada dalam usus kita dan produk kimia sampingan yang dihasilkannya bervariasi sesuai dengan makanan yang kita makan.  
Beberapa makanan mendorong pertumbuhan populasi bakteri yang merangsang peradangan, sementara yang lain mendorong pertumbuhan bakteri yang menekannya.Untungnya, Anda mungkin sudah menikmati banyak makanan dan minuman yang telah berhubungan dengan terjadinya pengurangan peradangan dan penyakit kronis. Selama Anda tidak alergi terhadap makanan atau minuman ini, mereka termasuk yang berikut: 

Buah-buahan dan sayur-sayuran. Sebagian besar buah-buahan dan sayuran berwarna cerah secara alami mengandung antioksidan dan polifenol tingkat tinggi - senyawa pelindung yang berpotensi yang ditemukan pada tanaman. 

Kacang dan biji. Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi kacang dan biji-bijian dikaitkan dengan berkurangnya penanda peradangan dan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes yang lebih rendah. 

Minuman. Polifenol dalam kopi dan flavonol dalam coklat dianggap memiliki sifat anti-inflamasi. Teh hijau juga kaya akan polifenol dan antioksidan.

Ada banyak hal yang dapat Anda dan dokter Anda lakukan untuk menangani dan mengurangi rasa sakit akibat peradangan, termasuk kombinasi teknik self-help dan obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas.
Sumber: Healthbeat Newsletter, 25 August 2018. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.

No comments:

Post a Comment