Monday 6 August 2018

Low Calorie Mayonnaise



Beberapa waktu yang lalu di kolom komentar salah satu artikel resep sehat, ada seorang pembaca yang bertanya kepada saya tentang bagaimana membuat mayonnaise yang rendah kalori. Mungkin dengan resep sehat kali ini bisa membantu untuk memenuhi permintaan pembaca tersebut. Memang mayonnaise yang beredar di pasaran rata-rata memiliki nilai kalori sekitar 90 kkal per sajian (1 sendok makan). Cukup tinggi bukan? Apalagi misalnya dengan sepiring salad 1 sendok makan terkadang belum cukup. Selain regular mayonnaise ada juga beberapa produsen yang memproduksi Low Fat Mayonnaise yang per sajiannya hanya memberikan kalori sebanyak sekitar 15 kkal, akan tetapi mayonnaise jenis ini cukup sulit ditemukan di pasaran lokal.
Sedikit cerita tentang asal mula mayonnaise. Mayonnaise diciptakan pada tahun 1756 oleh seorang chef Prancis yang bekerja pada  seorang bangsawan Prancis Cardinal-Duc de Richelieu. Setelah Duc de Richelieu mengalahkan Inggris di Port Mahon, chef-nya tersebut mempersiapkan masakan untuk pesta kemenangannya termasuk membuat saus yang terbuat dari krim dan telur. Pada saat itu dia menyadari kalau di dapurnya tidak tersedia krim sehingga menggantinya dengan minyak zaitun sehingga terciptalah masakan baru. Chef tersebut menamakan saus baru tersebut dengan sebutan “Mahonnaise” sebagai penghormatan kepada kemenangan Duc de Richelieu.  
Low calorie mayonnaise yang saya buat kali ini memiliki citarasa yang agak berbeda dibanding dengan regular mayonnaise yang biasa dijual di pasaran. Selain itu juga mengandung lemak baik yang berasal dari minyak zaitun ataupun minyak canola. Mayonnaise ini bisa langsung digunakan untuk campuran salad buah atau sayur, ataupun digunakan sebagai topping atau dipping untuk berbagai masakan lain. Selamat mencoba.

Untuk 10 sajian (sdm)
Bahan
150 g susu rendah lemak
100 g air
1 sdm corn starch (maizena)
15 g white vinegar
15 g minyak zaitun atau canola
15 g yogurt rendah lemak
½ sdt mustard
½ sdt gula pasir

Cara membuat
  1. Campurkan susu, air, dan corn starch. Aduk rata. Panaskan menggunakan wajan dengan api kecil sambil diaduk terus sampai mengental. Angkat dan dinginkan.
  2. Campur rata white vinegar, yogurt, minyak, mustard dan gula pasir.
  3. Setelah adonan pertama dingin, masukkan campuran vinegar dan aduk rata.
  4. Dapat segera digunakan atau dimasukkan dalam botol yang ditutup rapat dan disimpan dalam pendingin.

Nilai gizi per sajian (1 sdm)
Energi: 24 kkal
Lemak: 1.7 g
Karbohidrat: 1.9 g
Serat: 0 g
Protein: 0.6 g

Tips dan saran
  1. Vinegar bisa dicoba diganti menggunakan lemon juice.
  2. Susu rendah lemak bisa digantikan dengan air, akan tetapi akan berpengaruh ke citarasanya.


No comments:

Post a Comment