Sunday 8 April 2018

3 Cara Sederhana Untuk Mendapatkan Tidur yang Lebih Nyenyak

Sumber gambar: https://theselfimprovementblog.com/self-improvement/holistic-health/good-sleep-plan-4-ways-improve-sleep-quality/


Bahkan orang-orang yang tidak menderita insomnia dapat mengalami kesulitan untuk mendapatkan tidur malam yang baik. Banyak hal yang dapat mengganggu tidur restorasi Anda - seperti jadwal kerja yang berlebihan, kecemasan, masalah menghindari smartphone, bahkan dengan apa yang Anda makan dan minum.



Tiga langkah sederhana berikut dapat membantu Anda tidur lebih baik.

1. Kurangi kafein 
Peminum kafein mungkin merasa lebih sulit untuk tertidur dibandingkan orang yang tidak minum kafein. Setelah mereka terbawa efek kafein, tidur mereka lebih pendek dan lebih ringan. Pada  beberapa orang, satu cangkir kopi di pagi hari dapat berarti satu malam tanpa tidur. Itu mungkin karena kafein memblokir efek adenosine, yang merupakan neurotransmitter untuk membantu tidur. Kafein juga dapat mengganggu tidur dengan meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari.Orang yang menderita insomnia harus menghindari kafein sebanyak mungkin, karena efeknya dapat bertahan selama berjam-jam. Karena memberhentikan kafein sekaligus dapat menyebabkan sakit kepala, iritabilitas, dan kelelahan ekstrim, mungkin lebih mudah dengan cara mengurangi secara bertahap dibandingkan menghilangkannya sekaligus. Mereka yang tidak bisa menghindari atau tetap mau mengkonsumsi kafein harus menghindari kafein setelah jam 2 siang, atau tengah hari jika mereka memiliki sensitifitas terhadap kafein.

2. Berhenti merokok atau mengunyah tembakauNikotin adalah stimulan sistem saraf pusat yang dapat menyebabkan insomnia. Obat ampuh ini membuat lebih sulit untuk tertidur karena mempercepat detak jantung Anda, meningkatkan tekanan darah, dan menstimulasi aktivitas gelombang otak dengan cepat yang sehingga tetap terjaga. Pada orang yang kecanduan nikotin, beberapa jam tanpa zat tersebut cukup untuk menginduksi gejala ketergantungan; keinginan itu bahkan dapat membangunkan seorang perokok di malam hari. Orang yang menghilangkan kebiasaan itu dapat tertidur lebih cepat dan terbangun lebih jarang di malam hari. Gangguan tidur dan kelelahan siang hari dapat terjadi selama awal pengurangan penggunaan  nikotin, tetapi bahkan selama periode ini, banyak mantan pengguna melaporkan peningkatan dalam tidur. Jika Anda terus menggunakan tembakau, hindari merokok atau mengunyahnya setidaknya satu hingga dua jam sebelum tidur.

3. Batasi asupan alkoholAlkohol menekan sistem syaraf, jadi obat tidur mungkin tampak membantu beberapa orang tertidur. Namun, alkohol menekan REM (Rapid Eye Movement adalah kondisi normal dari tidur yang ditandai dengan gerakan acak dan cepat dari mata) tidur, dan efek soforik (efek untuk menyebabkan tertidur) akan hilang setelah beberapa jam. Peminum sering terbangun dan terkadang mimpi menakutkan. Alkohol dapat menyebabkan hingga 10% kasus insomnia kronis. Juga, alkohol dapat memperburuk dengkuran dan masalah pernapasan tidur lainnya, kadang-kadang sampai batas yang berbahaya. Bahkan satu minuman saja bisa membuat orang yang kurang tidur mengantuk. Dalam mobil, kombinasi ini secara signifikan meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kecelakaan.


Anda juga dapat meningkatkan jumlah dan kualitas tidur Anda dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur dan membuat serta menempel jadwal tidur yang rutin dan teratur.

Sumber: Healthbeat Newsletter, March, 1st, 2018. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.

No comments:

Post a Comment