Friday 23 March 2018

5 Cara Meningkatkan Kekuatan Tulang Lebih Awal


Sumber gambar: https://www.health24.com/Lifestyle/Healthy-you/top-tips-for-building-healthy-bones-20160829

Pencegahan terbaik untuk pengeroposan tulang osteoporosis yaitu dimulai sejak awal - selama dua dekade pertama kehidupan, ketika puncak massa tulang Anda dapat sangat dipengaruhi oleh kecukupan kalsium dan vitamin D dan melakukan latihan penguatan tulang.
Jika Anda berusia di atas 20 tahun, Anda tidak perlu berkecil hati. Tidak pernah terlambat untuk membiasakan melakukan tindakan penguatan tulang.
Jika Anda seorang pria yang lebih muda dari 65 tahun atau wanita premenopause, kelima strategi berikut ini dapat membantu Anda menopang kekuatan tulang untuk melindungi dari terjadinya osteoporosis.

  1. Pantau diet Anda. Dapatkan cukup kalsium dan vitamin D, idealnya melalui makanan yang Anda makan. Meskipun produk susu dapat menjadi sumber kalsium terkaya, banyak juga jenis makanan, lain yang kaya akan kalsium, seperti jus jeruk. Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian menyediakan mineral lain yang sangat penting untuk kesehatan tulang, seperti magnesium dan fosfor.
  2. Pertahankan berat badan yang wajar. Ini sangat penting bagi wanita. Periode menstruasi sering berhenti pada wanita yang kekurangan berat badan - karena pola makan yang buruk atau olahraga berlebihan - dan itu biasanya berarti bahwa kadar estrogen terlalu rendah untuk mendukung pertumbuhan tulang.
  3. Jangan merokok dan batasi asupan alkohol. Merokok dan terlalu banyak alkohol keduanya menurunkan massa tulang.
  4. Pastikan latihan Anda termasuk weight-bearing exercise. Latihan ini bukan mengenai latihan angkat beban melainkan latihan yang menggunakan kaki untuk bergerak melawan gravitasi seperti berjalan, menari, atau step-aerobik yang dilakukan secara teratur dapat melindungi tulang Anda. Juga termasuk latihan kekuatan sebagai bagian dari latihan rutin Anda.
  5. Diskusikan dengan dokter Anda tentang faktor risiko Anda. Kondisi medis tertentu (seperti penyakit celiac) dan beberapa obat (steroid dan lainnya) dapat meningkatkan kemungkinan bahwa Anda akan mengembangkan osteoporosis. Penting untuk berdiskusi dengan dokter Anda untuk mengembangkan strategi pencegahan yang memperhitungkan faktor-faktor ini.
Sumber: Healthbeat Newsletter, 23 March 2017. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.






No comments:

Post a Comment