Sunday 24 September 2017

Faktor-faktor Yang Meningkatkan Resiko Anda Terhadap Munculnya Kanker Sekunder

Sumber gambar: http://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/causes-of-cancer/diet-and-cancer


Beberapa faktor dapat membuat Anda lebih memungkinkan terkena kanker sekunder. Namun beberapa faktor dapat Anda kendalikan. Sedangkan yang lainnya tidak. Penting bagi Anda untuk mendiskusikan dengan dokter Anda resiko yang mungkin muncul dan mencari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kemungkinan Anda terkena kanker lagi. Sama pentingnya juga, untuk mendiskusikan seberapa sering Anda perlu diskrining, sehingga Anda dapat segera mengetahui adanya kanker baru dengan lebih awal.

Kanker pada masa kanak-kanak. Jika Anda menderita kanker sebelum usia 15 tahun, Anda harus tetap menjaga kesehatan Anda di tahun-tahun berikutnya. Beberapa tumor yang timbul pada masa kanak-kanak disebabkan oleh sindrom warisan yang berkontribusi pada peningkatan risiko kanker seumur hidup. Misalnya, sindrom Li-Fraumeni yang dapat menyebabkan sarkoma, leukemia, kanker otak dan payudara. Perawatan yang Anda terima untuk memerangi kanker pada masa kanak-kanak juga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap keganasan kanker di masa depan.

Sejarah keluarga. Bila Anda memiliki banyak kerabat dekat yang menderita kanker tertentu, hal itu adalah indikasi yang sangat kuat bahwa keluarga Anda membawa kerentanan genetik. Meskipun Anda tidak dapat mengubah gen Anda, Anda dapat diuji untuk melakukan perubahan genetik yang terkait dengan peningkatan risiko kanker dan - jika Anda berisiko tinggi - lakukan skrining untuk kanker tersebut dan melakukan tindakan pencegahan lainnya.

Pengobatan kanker. Radiasi, kemoterapi, dan terapi kanker lainnya, meskipun diperlukan untuk menyembuhkan penyakit Anda, juga bisa memicu perubahan seluler yang membuat Anda lebih rentan terhadap kanker sekunder. Dokter Anda akan melakukan segala upaya untuk menyusun pengobatan awal Anda - misalnya, menyempurnakan obat dan dosis - untuk menghancurkan kanker, sekaligus meminimalkan risiko kanker Anda di masa depan. 


Usia. Semakin tua usia Anda, semakin tinggi risiko Anda terhadap kanker. Setiap tahun berlalu membawa kondisi yang lebih kronis, lebih banyak paparan faktor lingkungan yang meningkatkan risiko Anda, dan kemampuan sel yang lebih rendah untuk memperbaiki kerusakan.

Gaya hidup. Gaya hidup adalah satu risiko kanker yang dapat Anda kendalikan. Banyak pilihan yang Anda buat setiap hari yang dapat mempengaruhi - terkadang secara signifikan - peluang Anda untuk mendapatkan kanker masa depan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko Anda tersebut:

  • Konsumsilah makanan bergizi yang memiliki manfaat dalam melawan kanker, seperti brokoli dan sayuran cruciferous lainnya, sayuran hijau gelap, kacang-kacangan dan kacang polong, buah beri, ceri, tomat, dan kacang-kacangan
  • Olahraga minimal 30 menit sehari, lima hari dalam seminggu.
    Jaga indeks massa tubuh Anda (BMI) dalam rentang yang sehat.
  • Jika Anda merokok, mintalah bantuan dokter Anda untuk berhenti merokok. Juga hindari asap rokok.
  • Batasi konsumsi alkohol hingga tidak lebih dari satu gelas anggur 6 ons (atau yang setara) satu hari untuk wanita dan satu atau dua gelas untuk pria.
  • Pakailah tabir surya pelindung UVA / UVB setiap kali Anda pergi ke luar.  
Sumber: Healthbeat Newsletter, 23 September 2017. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.



No comments:

Post a Comment