Saturday 14 February 2015

Mindfulness dan Anjing Anda



Sumber gambar: http://happymestuff.com/spring-2014/happyme-may-woofcaster-dog-friendly-maine-news-living-in-the-maine-moment/

Mindfulness (atau kesadaran tentang keadaan diri sendiri) telah menarik banyak perhatian selama 10 tahun terakhir ini. Penelitian menemukan bahwa mindfulness yang merupakan kemampuan untuk menikmati hidup apa adanya dan menerimanya tanpa harus menghakimi dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan.
Mungkin salah satu manfaat psikologis terbesar dari berinteraksi dengan anjing adalah kesempatan untuk lebih fokus - yang bertujuan untuk lebih berkonsentrasi pada yang dihadapi saat ini.
Mindfulness adalah salah satu bagian dari sekian banyaknya teknik relaksasi, termasuk yoga, pernapasan dalam, tai chi, pijat, refleksi, journaling (mencatat jurnal), dan beribadah. Anda dapat juga menggunakan teknik mindfulness ketika mengajak anjing anda berjalan-jalan. Bahkan, biarkan anjing Anda menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukannya. Perhatikan anjing anda ketika dia sedang bergembira ketika berada di luar ruangan, saat kepalanya mendongak ke atas, ekornya yang bergoyang-goyang, dan dia benar-benar menikmatinya. Anjing anda menjadi fokus dan menikmati pemandangan baru, bau, suara, orang-orang, dan hewan yang lain yang berada di sekitarnya. Jadi setiap perjalanannya adala sebuah petualangan.
Cobalah beberapa hal berikut:

  • Pada saat anda akan mulai berjalan-jalan, ambillah waktu sejenak untuk memusatkan perhatian Anda untuk merasakan seluruh sensasi di tubuh Anda.
  • Tarik napas melalui hidung. Biarkan perut anda membesar penuh. Kemudian keluarkan napas melalui mulut. Rasakan sensasi pada setiap kali anda menarik dan mengeluarkan napas.
  • Pada saat anda berjalan-jalan, fokuskan semua indra anda secara utuh. Perhatikan setiap penglihatan anda, sentuhan yang anda rasakan dan suara-suara yang anda dengarkan. Nikmati setiap sensasi tersebut.
  • Ketika pikiran anda menerawang - dan biasanya terjadi seperti itu - secara perlahan bawa kembali perhatian anda pada momen yang anda hadapi saat itu, termasuk perasaan anjing anda ketika menikmati bermain-main di luar ruangan.

Mindfulness adalah kegiatan seumur hidup yang dapat membantu anda untuk lebih menghargai setiap pengalaman yang anda hadapi sehari-hari seperti saat anda melakukan aktifitas bersama anjing anda. Dengan belajar memusatkan perhatian pada apa yang anda alami dan rasakan sekarang, Anda mungkin dapat menemukan diri anda jauh dari terjebak dalam perasaan khawatir atau penyesalan.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 12 February 2015. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.


No comments:

Post a Comment