Tuesday 2 October 2012

Healthy Cooking Competition at de Chef Culinary Center Bogor


Akhirnya acara final Healthy Cooking Competition yang diselenggarakan oleh de Chef Culinary Center dapat terlaksana dengan sukses pada tanggal 30 Oktober 2012. Acara yang didukung oleh Duniafitnes.com, Healthy Bites, MBrio, SKI Restaurant, bank Bukopin dan Chocodot ini, sebelumnya telah dilakukan seleksi awal untuk resep-resep makanan sehat yang masuk yang dilaksanakan kurang lebih satu bulan. Ada 6 peserta yang masuk final yang terdiri dari 3 peserta untuk kategori junior (16-20 tahun) dan 3 peserta untuk kategori umum. Keenam peserta ini terlebih dulu telah menyisihkan enam peserta lain.

Acara final Healthy Cooking Competition ini dilaksanakan di de Chef culinary center yang beralamatkan di Jl Raya Pajajaran No 1 Ruko V-point Blok YO Bogor. Acara  diawali dengan final untuk kategori junior-group (16-20 tahun) dengan menu main course, kemudian diselingi dengan demo pembuatan healthy cupcake oleh kelompok junior-group (10-15 tahun) dan kemudian dilanjutkan dengan final untuk kategori umum.

Untuk kategori junior-group (16-20 tahun) dimenangkan oleh Sharah Tia Permana & Erika Tri Anggraeni dengan sajiannya Snapper almond crust with pesto sauce, mashed of red sweet potatoes and mixed vegetable fresh, kemudian juara kedua dimenangkan oleh Aditya Chandra & Andini Alvi Wulandani dengan pilihan menunya Steamed of chicken organic with capsicum sauce, mashed of sweet potatoes & brocolly, dan juara 3 dimenangkan oleh Panca Maulana Ariyadi & Vini Dwi Silviani dengan menunya Grill Rolade Tuna With Lemon Sauce.
Untuk kategori umum, dimenangkan oleh  Aryani Farsyah dengan menu Healthy Sushi, sedangkan juara kedua jatuh kepada Hesibon Gedalya Rianto dengan menu Salmon in Paprika, dan juara 3 dimenangkan oleh Jumari dengan menu Tutut Kenyot.

Acara Healthy Cooking Competition ini berbeda dengan acara lomba masak yang umumnya sering diadakan. Dalam Healthy Cooking Competition, penilaiannya sangat dipengaruhi oleh kemampuan peserta dalam memilih bahan, mengolah bahan, penyajian, dan pengetahuan peserta tentang faktor gizi dan kesehatan menu yang dibuatnya. Healthy Cooking Competition tidak hanya menyajikan makanan yang enak dan lezat, akan tetapi faktor nilai gizi dan kesehatan merupakan hal yang penting. Secara umum, peserta Healthy Cooking Competition kali ini sudah memiliki kemampuan dan keahlian menyajikan makanan yang kreatif dan unik, akan tetapi dilihat dari faktor "healthy" yang mencakup nilai gizi, porsi sajian, dan teknik memasak, masih banyak yang harus ditingkatkan dan diperbaiki. 

Menyajikan suatu makanan sehat untuk mendukung pola hidup sehat memang membutuhkan pengetahuan antara lain mengenai bahan-bahan yang digunakan, jumlah penyajian, dan waktu dikonsumsi. Semua orang mungkin bisa memasak yang enak, akan tetapi tidak semua orang dapat memasak "healthy food" untuk mendukung pola hidup sehatnya. Jadi makanan enak belum tentu sehat, tetapi makanan sehat harus dibuat menjadi enak dengan menggunakan teknik memasak yang sehat, penggunaan bumbu yang pas, dan penyajian yang menarik. Sesehat-sehatnya suatu menu makanan tentunya tidak akan memberikan hasil yang optimal untuk tubuh kita, jika kita tidak berolahraga. Olahraga yang rutin dan teratur akan sangat mendukung pola hidup sehat kita.

Acara ini diharapkan akan dapat mendorong peserta untuk tetap berkreasi dalam pengolahan "healthy food" dan dapat menerapkan pola makan sehat dalam kehidupannya sehari-hari. So, keep cooking healthy food guys and don't forget to exercise regularly.

No comments:

Post a Comment