Monday 13 August 2012

Tetap Sehat dan Berenergi di Bulan Puasa - Bagian 4 (selesai)


 
 Sumber gambar: http://www.tap.info.tn/en/en/society/16970-friday-first-day-of-fasting-month-of-ramadan.html


Olahraga di bulan puasa
Menjalankan puasa bukan berarti berhenti berolahraga. Aktifitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga metabolisme tubuh dan tubuh menjadi tidak mudah capek. Yang perlu diperhatikan yaitu pengaturan waktu olahraganya dan jenis olahraganya. Menurut Prof. Dr. Made Astawan, alternatif waktu terbaik untuk olahraga bukan menjelang waktu berbuka, karena kondisi gula darah sudah mendekati ambang di bawah 60 mg/dl. Saat yang paling tepat dan lebih rasional untuk berolahraga adalah usai sholat tarawih. Ada pendapat lain yang mengemukakan bahwa olahraga kecil  dapat dilakukan sebelum berbuka puasa. Jika hal ini ingin dilakukan, pilihlah olahraga yang tidak membutuhkan energi berlebih, seperti jalan kaki. Sholat tarawih selain sebagai sarana ibadah juga secara tidak langsung adalah olahraga, karena pada saat sholat tarawih terjadi pembakaran kalori.
Untuk penggemar olahraga fitnes dapat mengikuti panduan yang dapat dibaca di http://duniafitnes.com/training-program/fitnes-dan-puasa/fitness-dan-puasa.html. Karena olahraga fitnes menggunakan cukup banyak energi sehingga dianjurkan dilakukan pada malam hari setelah  berbuka puasa (dapat dilakukan setelah sholat tarawih sehingga tidak mengganggu waktu beribadah). Latihannya pun dilakukan lebih sedikit dibanding pada bulan-bulan tidak berpuasa yaitu sebanyak 3 kali seminggu.

Puasa itu menyehatkan
Sebagai penutup di tulisan saya ini, saya ingin ingatkan sekali lagi tentang pentingnya pengaturan makanan dan pola makan selama bulan puasa ini. Dengan makanan dan pola makan yang sehat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada saat menjalankan ibadah puasa. Hal ini juga akan menjadikan tubuh kita tetap berenergi dan sehat selama menjalankan berpuasa. Menurut Prof. Dr. Made Astawan, untuk memudahkan panduan kalori dalam penyusunan pola makan, dapat mengikuti pembagian porsi energi seperti ini, yaitu 10-15% saat berbuka, 30-35% saat makan malam, 10-15% setelah selesai sholat tarawih, dan 30-35% saat sahur. Jika tubuh kita sehat selama berpuasa, otomatis ibadah-ibadah yang lain pun dapat kita laksanakan dengan baik.
Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Semoga amal dan ibadah kita di bulan puasa diterima Allah SWT.

No comments:

Post a Comment