Wednesday 13 June 2012

Industri Pengolahan Produk Susu Skala Kecil - Bagian 3




Produk-produk yang bisa dikembangkan untuk usaha industri kecil

Berikut ini adalah jenis produk makanan dan minuman yang berbahan baku susu yang bisa dikembangkan dalam skala industri kecil.

Susu segar
Susu segar yaitu susu yang dikonsumsi dalam keadaan segar setelah terlebih dahulu dipasteurisasi untuk mematikan bakteri patogen. Susu segar ini biasanya dikemas dalam kantong plastik transparan, botol gelas, kotak karton dan cup plastik. Produk ini ada yang masih dalam kondisi asli (tanpa pencampuran bahan lain) dan ada yang telah diformulasi (penambahan gula dan flavor).
 

Susu skim
Susu skim yaitu susu yang telah dihilangkan sebagian atau hampir semua kandungan lemaknya menggunakan krim separator kemudian dipasteurisasi. Dikemas dalam kantong plastik transparan, botol gelas, kotak karton dan cup plastik. Ada yang belum diformulasi dan ada yang sudah diformulasi.

Yogurt (bentuk pasta dan cair)
Yogurt yaitu produk olahan susu yang terbentuk akibat aktifitas bakteri Lactobacillus sp. Bakteri ini menggunakan komponen nutrisi yang ada dalam susu kemudian mengubahnya menjadi asam laktat. Produk ini ada yang berbentuk pasta dan cair. Rasanya ada yang masih asli (belum dicampur bahan lain) dan ada yang manis serta mempunyai cita rasa buah-buahan seperti strawberi, blueberi, nenas, jeruk dan mangga.


Keju
Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang terbentuk karena koagulasi susu oleh rennet (enzim pencernaan dalam lambung hewan penghasil susu). Bagian dari susu cair yang terkoagulasi membentuk substansi padat seperti gel disebut curd; dan sejumlah besar air serta beberapa zat terlarut akan terpisah dari curd disebut whey. Lama proses pembuatan keju ada yang bisa dalam 1 jam sampai berbulan-bulan (12 bulan­).
Jenis keju bermacam-macam tergantung proses dan jenis bakteri yang digunakan. Contoh keju yaitu cheddar, mozzarella, cottage, parmesan, ricotta, feta, dan keju biru.



Mentega (butter)
Mentega dibuat dari krim susu (kepala susu) yang banyak mengandung lemak. Krim susu diperoleh dengan cara memisahkan lemak susu dari susu menggunakan krim separator. Kemudian lemak susu ini diaduk menggunakan butter churner sampai terbentuk mentega (unsalted butter). Mentega yang terbentuk ada yang ditambahkan garam (salted butter). Setelah mentega terbentuk dapat dikemas dalam toples atau kantor plastik.
Karamel susu dan permen susu
Karamel susu dan permen susu adalah produk olahan susu yang terbuat dari gula dan susu. Produk ini dikonsumsi sebagai cemilan dan mempunyai cita rasa yang khas.

Dodol susu
Dodol merupakan penganan khas Indonesia yang dibuat menggunakan santan kelapa. Dodol susu menggunakan susu untuk menggantikan fungsi santan kelapa. Produk ini mempunyai citarasa yang khas dan mempunyai pangsa pasar sendiri.

Es krim
Es krim adalah makanan beku dibuat dari susu, gula, bahan penstabil dan perasa. Cara pembuatannya yaitu dengan mengaduk campuran pada suhu rendah untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Berdasarkan teksturnya ada dua jenis es krim yaitu hard ice cream dan soft ice cream.

Kerupuk susu 
Kerupuk susu dibuat menggunakan susu, tepung tapioka, dan bumbu-bumbu tertentu. Selain dibuat menggunakan susu cair, kerupuk susu dapat juga dibuat dari tahu susu. Kerupuk susu ini mempunyai rasa yang khas.

Artkel i

No comments:

Post a Comment