Sunday 20 May 2012

A Living Juice


A Living Juice



Living juice. Nama ini bersumber dari bahan utamanya yaitu kecambah yang merupakan tanaman yang baru mulai tumbuh (hidup). Tidak semua kecambah tanaman bisa dikonsumsi. Masyarakat Indonesia umumnya mengenal kecambah kacang hijau dan kecambah kedele yang sering disebut tauge. Sedangkan di negara-negara maju konsumsi kecambah tidak hanya tauge saja melainkan juga kecambah yang berasal dari golongan biji-bijian seralia (alfalfa, barley, beras merah/coklat), kacang-kacangan yang lain (almond, kacang pinto, kacang lima, kacang polong), dan sayuran (brokoli, kubis, seledri, bawang). Berikut ini sedikit kita bahas mengenai kecambah itu sendiri.
Mengapa biji yang berkecambah lebih sehat dari pada bijinya sendiri? Ini disebabkan karena pada proses perkecambahan terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas zat-zat gizi. Energinya lebih mudah dimanfaatkan tubuh karena karbohidratnya menjadi bentuk yang lebih sederhana, kualitas dan kuantitas protein meningkat, kualitas lemak meningkat karena adanya enzim lipase (enzim pengurai lemak), vitamin dan mineralnya lebih mudah diserap, dan zat-zat antigizinya berkurang dan menjadi tidak aktif.
Kandungan enzim mengalami peningkatan sampai 100 kali dibandingkan dengan yang terdapat dalam buah atau sayur. Kandungan serat mengalami peningkatan sekitar 3 kali jumlah semula. Kecambah kacang hijau mengalami peningkatan vitamin B1 sampai 285%, B2: 515%, dan B3: 256% dibandingkan dengan bentuk bijinya. Secara umum kecambah dapat memberikan vitamin 30 kali lebih banyak dari bentuk bijinya.
Orang yang sensitif terhadap MSG sebaiknya tidak mengkonsumsi kecambah mentah, karena glutamate yang berada dalam bentuk terikat di dalam bijinya akan dibebaskan dalam proses perkecambahan.
Manfaat Kecambah Untuk Kesehatan:
  • Meningkatkan kesuburan. Terkait dengan kandungan vitamin E-nya yang tinggi.
  • Mencegah hipertensi. Kandungan peptide dalam kecambah mencegah timbulnya hipertensi seperti pada kecambah alfalfa.
  • Mencegah osteoporosis. Kandungan fitoestrogen, vitamin D, fosfor dan kalsium berfungsi meningkatkan kepadatan tulang.
  • Menurunkan resiko stroke dan serangan jantung (menurunkan kadar kolesterol). Kaitannya dengan kandungan saponin yang dapat menghancurkan LDL (kolesterol jahat).
  • Sebagai anti kanker. Terkait dengan manfaat seratnya untuk memperlancar pembuangan bahan-bahan sisa metabolisme dari dalam tubuh.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Masih terkait dengan fungsi saponin yang mampu meningkatkan aktifitas sel T-limfosit dan interferon yang berperan sebagai natural killer cells (pembunuh alami sel-sel/mikroba yang tidak diinginkan dan membahayakan tubuh).
  • Membantu melangsingkan tubuh. Nilai indeks glikemiknya rendah dan kaya serat.
  • Kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Antioksidannya mampu mencegah akibat buruk dari radikal bebas.
Nah, biar nggak lama-lama pengen merasakan manfaatnya, langsung saja kita tengok resep berikut.

Untuk 1 porsi
Bahan
100 g kecambah alfalfa
100 ml orange juice
½ buah apel (dikeluarkan bijinya)
½ buah jeruk ponkam (dikeluarkan bijinya)

Cara membuat
  1. Campurkan semua bahan ke dalam blender.
  2. Blender sampai halus.
  3. Sajikan. Dingin lebih nikmat.

Nilai gizi per porsi
Energi: 130 kkal
Lemak: 1 g
Karbohidrat: 22 g
Serat: 4 g
Protein: 9 g
Vitamin C: 87 mg
Calcium: 66 mg

No comments:

Post a Comment