Sunday 20 May 2012

Industri Pengolahan Produk Susu Skala Kecil - Bagian 2



  
Pengembangan industri pengolahan susu skala kecil.

Banyak faktor yang mempengaruhi untuk pengembangan industri pengolahan susu skala kecil. Mutu susu merupakan salah satu faktor utama dalam pengembangan industri pengolahan susu skala kecil. Kita tidak akan membicarakan mutu susu di artikel ini. Selain harus didukung dengan mutu susu yang baik, beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

* Pengetahuan tentang susu dan penanganannya
Pelatihan tentang susu dan penanganannya telah banyak diadakan oleh lembaga-lembaga yang terkait. Ini berkaitan dengan mutu susu. Selain itu perlu juga adanya pengetahuan dalam menangani transportasi produk susu. Pelatihan-pelatihan ini umumnya lebih ke arah teknik pemerahan susu dan penanganan susu yang lebih higienis. Hal ini perlu karena susu sifatnya rentan terhadap gangguan mikroba, kimia dan fisik.



* Pengetahuan tentang higienis industri susu
Susu merupakan media pertumbuhan mikroba yang sangat baik. Oleh karena itu kebersihan dan higienis sarana, prasarana, dan cara penanganan yang baik sangat diperlukan untuk menghindari kontaminasi mikroba. Syarat higienis merupakan syarat utama yang harus dipenuhi agar suatu produk olahan susu dapat memperoleh nomor registrasi dari BP-POM (nomor MD). Tanpa nomor ini produk akan sulit diperdagangkan (daya jangkau).

* Pengetahuan teknologi pengolahan susu
Susu tidak hanya diolah menjadi minuman susu saja, namun banyak jenis produk makanan dan minuman yang menggunakan bahan baku susu seperti yogurt, keju, mentega, permen dan dodol. Pengetahuan teknologi pengolahan susu dapat membantu suatu industri skala kecil untuk mengembangkan jenis produknya.

* Pengetahuan tentang pengemasan dan penyimpanan produk jadi
Produk yang baik harus dikemas dalam kemasan yang memenuhi persyaratan. Syarat utama suatu kemasan yaitu higienis dan harus bisa melindungi produk dari kerusakan fisik, kimia dan kontaminasi mikroba. Kemasan yang bersih dan bebas mikroba dapat memperpanjang daya simpan produk dan meningkatkan daya jual produk. Label yang informatif akan sangat membantu dalam pemasaran produk.

* Pengetahuan tentang pemasaran
Produk yang bermutu tanpa ditunjang oleh pemasaran yang handal sama dengan sia-sia. Industri kecil umumnya mengalami kendala dalam pemasaran. Produk yang dilempar ke pasar yang tidak mendukung tidak akan mendatangkan keuntungan. Untunglah pemerintah melalui Departemen Perkoperasian dapat membantu industri kecil untuk memasarkan produk-produknya dari pasar dalam negeri sampai ekspor melalui kegiatan pameran produk nasional.

No comments:

Post a Comment