Thursday 20 April 2017

Cara Mudah untuk memperbaiki Keseimbangan Tubuh Anda


Sumber gambar: http://www.dreamfitnessexercise.com/body-balance/

Sistem tubuh yang bertanggung jawab untuk keseimbangan dapat dipengaruhi oleh perubahan bertahap karena penuaan atau efek samping obat. Ada juga sejumlah masalah kesehatan yang dapat menyebabkan kaki Anda mudah goyah. Namun, banyak masalah stabilitas yang disebabkan oleh penuaan atau kondisi seperti arthritis, stroke, penyakit Parkinson, atau multiple sclerosis akan menjadi lebih baik jika melakukan olahraga yang dirancang untuk memperbaiki keseimbangan tubuh.

Anda mungkin sudah terlibat dalam beberapa kegiatan yang secara tidak langsung membantu mempertajam keseimbangan tubuh Anda, terutama jika Anda adalah orang yang aktif. Kegiatan penguatan-keseimbangan lainnya diajarkan secara rutin di kelas yang dapat ditemui di berbagai pusat kebugaran . Sebagai contoh:


  • Berjalan, bersepeda, dan menaiki tangga memperkuat otot di tubuh bagian bawah. Recumbent bike (sepeda dengan posisi duduk agak rebah) atau stair stepper (alat latihan berbentuk mirip naikan anak tangga) adalah cara yang aman untuk memulai jika masalah keseimbangan tubuh Anda membutuhkan banyak perbaikan. 
  • Peregangan untuk melonggarkan otot yang tegang, yang dapat mempengaruhi postur dan keseimbangan.
  • Yoga dapat memperkuat dan meregangkan otot-otot yang tegang sekaligus meningkatkan kemampuan keseimbangan statis dan dinamis Anda.
  • Gerakan tai chi, yang melibatkan pergeseran berat tubuh secara bertahap dari satu kaki ke kaki lainnya dikombinasikan dengan memutar tubuh dan memperpanjang tungkai, memberikan serangkaian latihan untuk memperbaiki keseimbangan tubuh.

Bagaimana jika Anda termasuk orang yang tidak aktif? Penelitian menunjukkan bahwa latihan yang tepat dapat membantu orang-orang yang tidak banyak gerak secara dramatis sehingga meningkatkan kekuatan dan keseimbangan mereka untuk semua usia atau tingkat kemampuan.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 05 June April 2016. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.



No comments:

Post a Comment