Saturday 30 March 2013

Bubur Kacang Hijau Nasi Merah





Kacang hijau (mung bean) dalam bahasa latinnya disebut  Vigna radiata berasal dari Bangladesh, India dan Pakistan, akan tetapi banyak digunakan dalam makanan Cina. Kacang ini bisa diolah secara utuh (dengan atau tanpa kulit) atau dikecambahkan terlebih dahulu (tauge). Di Indonesia konsumsi kacang hijau utuh biasanya digunakan untuk membuat kolak, bubur , sup, atau isian kue. Sedangkan kecambah kacang hijau (tauge) banyak diolah dan dikonsumsi sebagai sayur. Pati kacang hijau biasanya digunakan untuk membuat mie transparan, jelly, dan bahan es cendol.
Dari segi nutrisi, kacang hijau yang direbus memiliki kandungan protein dan serat pangan yang baik, serta kandungan lemak yang rendah. Karbohidrat dalam kacang hijau tergolong karbohidrat kompleks yang dapat memperbaiki sistem pencernaan dan menstabilkan kadar gula darah. Konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu orang yang mengidap diabetes dan yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. Kacang hijau merupakan sumber vitamin B kompleks yang baik dan menyuplai vitamin K untuk tubuh. Kacang hijau juga menyumbang mineral-mineral yang bermanfaat untuk tubuh seperti kalium, magnesium, kalsium, dan besi.
Kolak kacang hijau termasuk makanan yang cukup favorit di Indonesia. Kali ini saya mencoba memodifikasi kolak kacang hijau menjadi lebih sehat dengan menggunakan beberapa bahan bergizi seperti beras merah dan whey protein.

Untuk 4 porsi
Bahan:
100 g kacang hijau
50 g beras merah
500 ml air
100 g gula merah
1 sdm maizena
2 sdm UN Prostar Whey Protein rasa vanilla (dicampur pada baskom sajian per porsi)

Cara membuat
  1. Cuci bersih dan rebus kacang hijau dan beras merah sampai matang. Perhatikan selalu airnya jangan sampai  habis. Tambahkan air bila belum matang dan lanjutkan perebusan sampai matang.
  2. Setelah kacang hijau matang (kulitnya pecah dan tekstur menjadi agak lunak), masukkan gula merah. Aduk sampai larut.
  3. Masukkan maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air dingin. Aduk sampai agak kental.
  4. Angkat dan sajikan dalam baskom saji per porsi . Tambahkan UN Prostar whey protein dan aduk rata.

Nilai gizi per porsi
Energi: 257 kkal
 Lemak: 1 g
Karbohidrat: 41 g
Serat: 4.3 g
Protein: 18 g

Tips dan saran:
  1. Gula merah bisa digantikan dengan gula merah low calorie.
  2. Tambahkan daun pandan pada saat perebusan untuk meningkatkan citarasa.
  3. Maizena (simple carbo) bisa digantikan dengan bubuk oatmeal (complex carbo).

No comments:

Post a Comment