Saturday 27 April 2013

5 manfaat latihan fisik yang membantu hidup lebih lama dan lebih baik





Sumber gambar: http://www.dover-lifeboat.org.uk/2014/06/

Ada berita baik bagi pria dan wanita yang ingin hidup lebih lama dan lebih sehat. Hanya membutuhkan sedikit perubahan pada gaya hidup Anda agar terhindar dari penyakit akibat bertambahnya umur dan meningkatkan kesempatan untuk tetap aktif dan sehat. Salah satu cara yaitu tetap untuk selalu tetap aktif secara fisik. Latihan-latihan fisik dapat membantu anda sehingga :

1.
Have a healthier heart. Latihan fisik yang rutin dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam darah dan menurunan kadar kolesterol LDL (jelek) dan trigliserida. Selain itu juga menurunkan tekanan darah, membakar lemak ubuh, dan menurunkan kadar gula darah - yang semuanya mengarah ke jantung yang sehat.Manfaat latihan fisik terhadap kesehatan jantung tidak bisa dianggap remeh  Program rehabilitasi yang memasukkan latihan fisik dalam programnya, dapat mengurangi 1/3 kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung pada pasien yang mengidap penyakit jantung.
2.
Keep your brain sharp.Latihan fisik membantu aliran darah menjadi lancar dan mengurangi terjadinya stroke. Beberapa studi/penelitian  memperoleh hasil bahwa dengan latihan fisik dapat mencegah dari penyakit alzheimer dan penyakit demensia yang lain.
3.
Control blood sugar levels. Latihan fisik yang teratur tidak hanya membantu menjaga berat badan yang sehat, tetapi juga membantu sensitifitas dari insulin sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat mebantu penderita diabetes untuk mengontrol penyakitnya dengan lebih baik. dan membantu mereka yang beresiko diabetes untuk hidup lebih baik. Suatu studi menunjukkan bahwa hanya dengan 2,5 jam olahraga jalan cepat dalam seminggu dapat menurunkan resiko diabetes sebanyak 30%.

4.
Possibly lower cancer risk. Suatu fakta menunjukan bahwa latihan rutin dapat mengurangi resiko beberapa jenis kanker. Suatu review menemukan bahwa aktifitas fisik secara regular dapat mengurangi resiko terjadinya kanker usus sebanyak 24% pada pria. Penelitian lain menemukan bahwa latihan fisik dapat mengurangi resiko terkena kanker paru-paru sebanyak 20%. Belum ada bukti bahwa latihan fisik dapat menurunkan resiko terbentuknya kanker prostat akan tetapi jika pria didiagnose terkena kanker prostat, maka dengan latihan fisik dapat mengurangi penyebarannya.
5.
Stay strong and mobile.  Sungguh mengejutkan bahwa pertamahan umur pada manusia dapat menyebabkan penipisan tulang. Latihan fisik berupa angkat beban yag teratur dapat memperlambat bone loss. Pemberian beban pada tulang apakah dengan cara berjalan, main sepak bola atau pun angkat berat dapat menstimulasi pertumbuhan tulang. Latihan juga akan membantu menjaga kesehatan persendian. Otot yang kuat akan membantu persendian dan meringankan beban pada sendi. Latihan dapat membatasi dan bahkan membalikkan masalah lutut dengan membantu mengontrol berat badan.


Sumber: Healthbeat, Harvard Medical School Newsletter, 25 April 2013 (http://www.health.harvard.edu/)

No comments:

Post a Comment